“Kearsipan Era Hibrida Dinamika Pengelolaan Arsip Digital” Kuliah Umum Program Studi Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan Bersama PT Semen Padang.

Program Studi Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan (IPK), Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan kuliah Uuum bertema “Kearsipan Era Hibrida Dinamika Pengelolaan Arsip Digital” pada hari Selasa 31 Oktober 2023, bertempat di Aula Lantai 4 FBS UNP, Air Tawar. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I FBS UNP Dr. Havid Ardi, S.Pd., M. Hum.

Reni Sari Rahmadani, S.T, Staf Sistem Manajemen Kearsipan PT Semen Padang. menjadi pembicara kuliah umum ini dan dimoderatori oleh mahasiswa Prodi IPK Ilham Haridinata.

Pembicara menyampaikan bahwa pengelolaan kearsipan berkaitan dengan transparansi tata kelola perusahaan serta kepedulian pimpinan, sehingga bermanfaat sebagai pedoman dalam pengelolaan persuratan dan kearsipan di perusahaan. Ia menambahkan, untuk mendapatkan guideline yang bagus dalam pengelolaan kearsipan, PT Semen Padang telah bekerjasama dengan ANRI sejak tahun 1986 lalu dan berhasil meraih Akreditasi A dari ANRI pada tahun 2015 dan 2021. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa PT Semen Padang sudah sangat baik dalam pengelolaan unit kearsipannya, sesuai standar yang ditetapkan oleh ANRI.

Pada kesempatan ini Kepala Departemen Ilmu Informasi Perpustakaan Dr. Marlini, S. IPI, M. LIS dalam sambutannya juga menyampaikan hidup dalam era yang sangat dinamis yang dikenal dengan era hibrida, yang merupakan perpaduan dunia fisik dan digital. Kearsipan di era hibrida yang selama bertahun-tahun menjadi tulang punggung dari organisasi dan institusi telah mengalami perkembangan yang signifikan, seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan cara kita bekerja dan berbagi informasi. Semua aspek kehidupan telah dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, dan kearsipan pun tidak luput dari perkembangan ini. 

Kuliah umum ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Program Studi Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam lagi dunia kearsipan digital. Dengan memahami dinamika dan perkembangan terkini di bidang ini, mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tuntutan profesional di masa depan. Perkuliahan dilanjutkan dengan sesi diskusi kemudian kuis dan diakhiri dengan penutup oleh moderator.

Leave a Reply